Langsung ke konten utama

Karya Seni Menjadi Media Pemicu Belajar Anak SD

Pada saat ini teknologi dimanfaatkan dalam bidang pendidikan, untuk mempermudah proses kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan belajar mengajar ternyata lebih efektif serta lebih mudah bila dibantu dengan sarana audio-visual atau video. Saat ini banyak video-video pembelajaran yang hadir pada aplikasi-aplikasi belajar yang dibuat oleh start-up di Indonesia. Salah satunya aplikasi belajar Ruangguru. 

Ruangguru memiliki produk pembelajaran untuk anak pada jenjang Sekolah Dasar yang menerapkan ilustrasi desain karakter animasi dengan disuguhkan cerita superhero dengan sarat akan makna pembelajaran. Hal ini merupakan penggabungan anatara karya seni dengan metode pembelajara untuk siswa yang bertujuan membangkitkan semangat belajar serta pengetahuan bagi anak-anak sekolah, yang notabenenya saat ini sangat lekat dengan teknologi dan smartphone itu sendiri. 

Karya seni yang diciptakan oleh tim Ruangguru pada video pembelajaran untuk anak SD ini menerapkan seni ilustrasi berupa karakter animasi seperti halnya "anime" pada produk seni milik Jepang. Dalam video pembelajarannya pun terdapat jalan cerita yang mengandung materi pembelajaran yang ingin disampaikan oleh siswa yang berlangganan aplikasi tersebut.


Scene Pembelajaran pada Aplikasi Ruangguru


Video pembelajaran yang sarat akan karya seni desain ilsutrasi ini dapat menghadirkan tampilan visual yang sangat ciamik dan menarik untuk di saksikan. Menurut saya ini menjadi poin fungsi dari karya ilustrasi yang dapat berkolaborasi dengan dunia pendidikan untuk meningkatkan keinginan belajar anak. Dengan karya ilustrasi seperti yang diciptakan oleh tim Ruangguru ini, anak-anak mendapatkan sajian pembelajaran yang lebih berwarna, menarik dan sarat akan cerita seperti kebutuhan anak-anak usia dini pada umumnya. Kebutuhan melihat karakter-karakter dengan berbagai kekuatan yang dapar menginspirasi dunia khayalnya. 

Ini menjadi hal yang menarik untuk dipelajari bagi saya, dan tertarik untuk dipelajari lebih dalam. Proses penciptaan karya seni yang dimaksudkan untuk media pembelajaran yang harus dapat menarik minat anak-anak di Indonesia. Serta karya seni yang diciptakan bisa jauh lebih bermakna lagi, karena kolaborasinya dengan dunia pendidikan, ini dapat memberikan inspirasi bagi anak-anak di kemudian hari serta memotivasi anak untuk mencari cara belajar yang sesuai dengan kebutuhannya. Kemajuan dunia teknologi pendidikan di Indonesia yang saat ini banyak menggunakan karya seni sebagai salah satu media untuk membantu penyampaian pembelajaran untuk anak-anak Indonesia. 

Dari segi pengalaman saya, membuat video pembelajaran yang dapat memicu belajar anak tidak semudah yang dipikirkan, karena kita harus mengetahui esensi karya yang kita buat itu untuk apa dan dapat membantu pemahaman atau hanya sekadar estetika. Tentu untuk di dunia pembelajaran, estetika tidak begitu dikedepankan, pemahaman dalam penyampaian materi lebih dikedepankan agar video yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. Tetapi karya seni yang dipergunakan di dalamnya juga harus dapat berperan penting untuk mendukung materi tersebut agar mudah dipahami, dan juga menarik untuk dilihat dengan durasi yang panjang dan dapat diulang-ulang.

Menurut saya mengembangkan karya seni dalam media pembelajaran merupakan peluang untuk para desainer di Indonesia, untuk dapat mengembangkan kembali karya-karya seninya agar dimasa mendatang karya seni yang disajikan dapat berkolaborasi dengan bidang-bidang lain untuk memajukan Indonesia, serta memberikan makna dari suatu karya desain yang bukan hanya memberika estetika tetapi dapat memberikan value yang bisa diterima serta dipergunakan untuk banyak orang.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kajian Analisis Semiotika pada Iklan Le Minerale

  Pendahuluan Air mineral kemasan merupakan produk minuman yang kebanyakan dibutuhkan orang-orang pada setiap harinya. Ada banyak produk ari mineral dengan merek yang berbeda-beda di Indonesia. Tetapi sedari dulu kebanyakan dari kita, orang Indonesia hanya terpaku dan mengenali satu merek yang seperti melekat, jika berbica tentang air mineral kemasan makan merek tersebutlah yang akan di sebut, walau terkadang pembeli pun tidak mengharuskan untuk meminum merek itu saja. Tentu saja ini dikarenakan salah satu merek air mineral kemasan tersebut sudah ada sejak lama, tak heran jika publik atau masyarakat lebih mengenal dan namanya lebih melekat terhadap merek tersebut.  Tetapi selayaknya sebuah produk pastilah memiliki kompetitor yang akan datang terus menerus dilih berganti. Kompetitor yang datang tersebut juga akan terus membawa inovasi-inovasi yang berbeda dari produk sebelumnya untuk menarik perhatian publik dari merek sebelumnya yang sudah ada.  Saya memilih objek kajian ...

Anialisis Strategi Branding Tasya Farasya kepada Publik

 Nama tim: Kreatif Berkarya 202146570020 - Abitri Negoro Hermanto  Objek kajian: Beauty Influencer Tasya Farasya Topik penelitian: Strategi Branding Tasya Farasya Pendahuluan Latar Belakang Seperti yg kita ketahui bersama saat ini adalah jamannya konten kreator banyak bermunculan, dan menjadi salah satu pekerjaan yang menjanjikan. Branding yang dibangun oleh setiap inffluencer sangatlah penting untuk dibahas. Dari banyaknya beauty inffluencer  di Indonesia Tasya Farasya merupakan salah satu yang sangat terkenal dan membangun branding dirinya dari awal dengan cukup perlahan, dari segi konten yang dia berikanpun kiat berkembang, dan berbagai platform Tasya Farasya gunakan untuk membentuk branding yang ingin dia tunjukan ke publik. Penelitian ini penting karena harapannya dari kajian/penelitian ini dapat menjadi wawasan dan ilmu baru bagaimana seorang public figure berstrategi dalam mempengaruhi audience , sebagai seorang desainer tentu ini akan menjadi wawasan baru dalam k...

Semiotika - Signifier & Signified

Semiotika - Signifier & Signified Selasa, 22 Maret 2022   Pada masa Pandemi yang sudah kita alami selama hampir 3 tahun berjalan ini memberikan saya banyak hal yang saya alami di dalam rumah, perkara pandemi yang menjadikan saya bekerja dengan penuh di rumah membuat saya banyak menyadari hal-hal kecil yang terjadi di rumah, hal- hal ini disadari karena adanya suatu tanda yang cukup sering dirasakan di saat bekerja di meja kerja saya dan saat sedang makan siang.   Hal yang membuat kita sadar akan sebuah tanda terdapat ilmu yang dipelajarinya, ilmu tersebut disebut sebagai Semiotika. Secara etimologis semiotik berasal dari kata Yunani simeon yang berarti “tanda”, maka dari itu ilmu semiotika diartikan sebagai ilmu tentdang tanda-tanda. Semiotika, atau dalam istilah Barthes, semiologi, pada dasarnya hendak mempelajari bagaimana kemanusiaan (humanity) memaknai hal-hal (things). Dalam memaknai inilah yang menjadikan manusia dapat memahami tanda-tanda yang terjadi dalam kesehari...