Pada saat ini teknologi dimanfaatkan dalam bidang pendidikan, untuk mempermudah proses kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan belajar mengajar ternyata lebih efektif serta lebih mudah bila dibantu dengan sarana audio-visual atau video. Saat ini banyak video-video pembelajaran yang hadir pada aplikasi-aplikasi belajar yang dibuat oleh start-up di Indonesia. Salah satunya aplikasi belajar Ruangguru.
Ruangguru memiliki produk pembelajaran untuk anak pada jenjang Sekolah Dasar yang menerapkan ilustrasi desain karakter animasi dengan disuguhkan cerita superhero dengan sarat akan makna pembelajaran. Hal ini merupakan penggabungan anatara karya seni dengan metode pembelajara untuk siswa yang bertujuan membangkitkan semangat belajar serta pengetahuan bagi anak-anak sekolah, yang notabenenya saat ini sangat lekat dengan teknologi dan smartphone itu sendiri.
Karya seni yang diciptakan oleh tim Ruangguru pada video pembelajaran untuk anak SD ini menerapkan seni ilustrasi berupa karakter animasi seperti halnya "anime" pada produk seni milik Jepang. Dalam video pembelajarannya pun terdapat jalan cerita yang mengandung materi pembelajaran yang ingin disampaikan oleh siswa yang berlangganan aplikasi tersebut.
Scene Pembelajaran pada Aplikasi Ruangguru |
Ini menjadi hal yang menarik untuk dipelajari bagi saya, dan tertarik untuk dipelajari lebih dalam. Proses penciptaan karya seni yang dimaksudkan untuk media pembelajaran yang harus dapat menarik minat anak-anak di Indonesia. Serta karya seni yang diciptakan bisa jauh lebih bermakna lagi, karena kolaborasinya dengan dunia pendidikan, ini dapat memberikan inspirasi bagi anak-anak di kemudian hari serta memotivasi anak untuk mencari cara belajar yang sesuai dengan kebutuhannya. Kemajuan dunia teknologi pendidikan di Indonesia yang saat ini banyak menggunakan karya seni sebagai salah satu media untuk membantu penyampaian pembelajaran untuk anak-anak Indonesia.
Dari segi pengalaman saya, membuat video pembelajaran yang dapat memicu belajar anak tidak semudah yang dipikirkan, karena kita harus mengetahui esensi karya yang kita buat itu untuk apa dan dapat membantu pemahaman atau hanya sekadar estetika. Tentu untuk di dunia pembelajaran, estetika tidak begitu dikedepankan, pemahaman dalam penyampaian materi lebih dikedepankan agar video yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. Tetapi karya seni yang dipergunakan di dalamnya juga harus dapat berperan penting untuk mendukung materi tersebut agar mudah dipahami, dan juga menarik untuk dilihat dengan durasi yang panjang dan dapat diulang-ulang.
Komentar
Posting Komentar